Dibalik Layar: Bagaimana Negara Dipilih sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

07/11/2023, 14:16 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Dibalik Layar: Bagaimana Negara Dipilih sebagai Tuan Rumah Piala Dunia
ilustrasi piala dunia
Table of contents
Editor: Luqman Alfadil

OHBEGITU.com - Piala Dunia FIFA adalah turnamen sepak bola internasional yang paling bergengsi di dunia. Setiap empat tahun sekali, tim nasional dari seluruh dunia bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia. Namun, sebelum turnamen dimulai, FIFA harus menentukan tuan rumah Piala Dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang list tuan rumah Piala Dunia dan cara FIFA menentukan tuan rumah Piala Dunia.

List Tuan Rumah Piala Dunia

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1930, Piala Dunia FIFA telah diadakan di berbagai negara di seluruh dunia. Berikut adalah daftar negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA:

  1. Uruguay (1930)
  2. Italia (1934)
  3. Prancis (1938)
  4. Brasil (1950)
  5. Swiss (1954)
  6. Swedia (1958)
  7. Chili (1962)
  8. Inggris (1966)
  9. Meksiko (1970)
  10. Jerman Barat (1974)
  11. Argentina (1978)
  12. Spanyol (1982)
  13. Meksiko (1986)
  14. Italia (1990)
  15. Amerika Serikat (1994)
  16. Prancis (1998)
  17. Korea Selatan dan Jepang (2002)
  18. Jerman (2006)
  19. Afrika Selatan (2010)
  20. Brasil (2014)
  21. Rusia (2018)
  22. Qatar (2022)

Setiap negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA harus memenuhi persyaratan yang ketat dari FIFA. Persyaratan ini meliputi stadion yang memadai, akomodasi, transportasi, keamanan, dan fasilitas lainnya. Selain itu, negara tuan rumah juga harus memiliki dukungan pemerintah yang kuat dan mampu mengorganisir turnamen dengan baik.

Baca juga: Makna Warna Jersei-Jersei dalam Balap Sepeda Tour de France

Cara FIFA Menentukan Tuan Rumah Piala Dunia

Proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia FIFA dimulai beberapa tahun sebelum turnamen dimulai. FIFA membentuk sebuah komite untuk mengevaluasi proposal dari negara-negara yang ingin menjadi tuan rumah. Komite ini akan mengevaluasi proposal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh FIFA.Setelah itu, komite akan memilih beberapa negara yang dianggap memenuhi kriteria untuk menjadi tuan rumah. Negara-negara ini kemudian akan diminta untuk menyusun proposal yang lebih rinci tentang bagaimana mereka akan mengorganisir turnamen.Setelah proposal diserahkan, komite akan melakukan kunjungan ke negara-negara yang bersangkutan untuk mengevaluasi infrastruktur dan fasilitas yang ada. Setelah itu, komite akan membuat rekomendasi tentang negara mana yang seharusnya menjadi tuan rumah.Rekomendasi ini kemudian akan diserahkan ke Komite Eksekutif FIFA, yang akan memutuskan negara mana yang akan menjadi tuan rumah. Keputusan ini biasanya diambil beberapa tahun sebelum turnamen dimulai, sehingga negara tuan rumah memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri.Namun, proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia FIFA tidak selalu berjalan lancar. Beberapa kasus korupsi dan penyuapan telah terjadi dalam proses pemilihan tuan rumah sebelumnya. Oleh karena itu, FIFA telah melakukan reformasi dalam proses pemilihan tuan rumah untuk memastikan bahwa proses ini berjalan dengan adil dan transparan.

Kesimpulan

Piala Dunia FIFA adalah turnamen sepak bola internasional yang paling bergengsi di dunia. Setiap empat tahun sekali, tim nasional dari seluruh dunia bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia. Sebelum turnamen dimulai, FIFA harus menentukan tuan rumah Piala Dunia. Proses pemilihan tuan rumah dimulai beberapa tahun sebelum turnamen dimulai dan melibatkan evaluasi proposal dari negara-negara yang ingin menjadi tuan rumah. Negara yang dipilih harus memenuhi persyaratan yang ketat dari FIFA dan memiliki dukungan pemerintah yang kuat. Meskipun proses pemilihan tuan rumah tidak selalu berjalan lancar, FIFA telah melakukan reformasi untuk memastikan bahwa proses ini berjalan dengan adil dan transparan.Referensi:

  1. "FIFA World Cup Host Countries." WorldAtlas, 2021, fifa-world-cup-host-countries.html" target="_blank" rel="noopener">www.worldatlas.com/articles/fifa-world-cup-host-countries.html.
  2. "How Is the World Cup Host Country Chosen?" World Soccer Talk, 2021, worldsoccertalk.com/2018/06/13/how-is-the-world-cup-host-country-chosen/.
  3. "How Is the World Cup Host Country Chosen?" The Culture Trip, 2021, theculturetrip.com/europe/united-kingdom/articles/how-is-the-world-cup-host-country-chosen/.

Baca juga: Menengok Strategi dan Kerja Sama Tim Balap Sepeda Tour de France

Sport Lainnya