Cara Memperbaiki Body Mobil: Penyok, Keropos, Lecet, dan Tergores

10/11/2023, 19:00 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Cara Memperbaiki Body Mobil: Penyok, Keropos, Lecet, dan Tergores
Ilustrasi Memperbaiki Body Mobil
Table of contents
Penulis: Nurlaila Utari
Editor: Nurlaila Utari

OHBEGITU.com - Body mobil yang rusak dapat membuat mobil terlihat kurang menarik dan bahkan dapat mempengaruhi kinerja mobil. Ada beberapa jenis kerusakan pada body mobil, seperti penyok, keropos, lecet, dan tergores. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memperbaiki body mobil yang rusak.

Cara Memperbaiki Body Mobil yang Penyok

Penyok pada body mobil dapat terjadi karena berbagai hal, seperti terkena benturan atau terjepit di tempat parkir. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki body mobil yang penyok:

  1. Lihat Seberapa Parah Penyoknya: Sebelum memperbaiki body mobil yang penyok, pastikan untuk mengevaluasi seberapa parah penyokannya. Jika penyokannya cukup parah, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki oleh ahlinya.
  2. Lakukan Knockdown: Knockdown adalah teknik memperbaiki body mobil yang penyok dengan cara menekan bagian yang penyok menggunakan alat khusus. Teknik ini dapat dilakukan dengan hati-hati dan perlahan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
  3. Gunakan Alat Penarik atau Vacuum: Jika penyokannya cukup besar, gunakan alat penarik atau vacuum untuk menarik bagian yang penyok. Pastikan untuk menggunakan alat yang tepat dan hati-hati saat melakukan proses ini.

Cara Memperbaiki Body Mobil yang Keropos

Keropos pada body mobil dapat terjadi karena usia mobil yang sudah tua atau terkena paparan sinar matahari yang terus-menerus. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki body mobil yang keropos:

Baca juga: Tank T-34: Pilar Uni Soviet dalam Perang Dunia II

  1. Bersihkan Area yang Keropos: Bersihkan area yang keropos dengan sabun dan air bersih. Pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan lembut dan hati-hati.
  2. Gunakan Body Filler: Body filler adalah bahan yang digunakan untuk mengisi area yang keropos pada body mobil. Pastikan untuk memilih body filler yang berkualitas dan sesuai dengan jenis body mobil.
  3. Cat Ulang Body Mobil: Setelah area yang keropos diisi dengan body filler, cat ulang body mobil untuk membuatnya terlihat seperti baru kembali.

Cara Memperbaiki Body Mobil yang Lecet

Lecet pada body mobil dapat terjadi karena terkena benda tajam atau tergesek dengan benda lain. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki body mobil yang lecet:

  1. Bersihkan Area yang Lecet: Bersihkan area yang lecet dengan sabun dan air bersih. Pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan lembut dan hati-hati.
  2. Gunakan Pengikis: Pengikis adalah alat yang digunakan untuk mengikis area yang lecet pada body mobil. Pastikan untuk menggunakan pengikis yang tepat dan hati-hati saat melakukan proses ini.
  3. Cat Ulang Body Mobil: Setelah area yang lecet diikis, cat ulang body mobil untuk membuatnya terlihat seperti baru kembali.

Cara Memperbaiki Body Mobil yang Tergores

Tergores pada body mobil dapat terjadi karena terkena benda tajam atau tergesek dengan benda lain. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki body mobil yang tergores:

  1. Bersihkan Area yang Tergores: Bersihkan area yang tergores dengan sabun dan air bersih. Pastikan untuk membersihkan area tersebut dengan lembut dan hati-hati.
  2. Gunakan Pengikis: Pengikis adalah alat yang digunakan untuk mengikis area yang tergores pada body mobil. Pastikan untuk menggunakan pengikis yang tepat dan hati-hati saat melakukan proses ini.
  3. Gunakan Bahan Pengisi: Setelah area yang tergores diikis, gunakan bahan pengisi untuk mengisi area yang tergores. Pastikan untuk memilih bahan pengisi yang berkualitas dan sesuai dengan jenis body mobil.
  4. Cat Ulang Body Mobil: Setelah area yang tergores diisi dengan bahan pengisi, cat ulang body mobil untuk membuatnya terlihat seperti baru kembali.

Penutup

Body mobil yang rusak dapat mempengaruhi kinerja mobil dan membuatnya terlihat kurang menarik. Ada beberapa jenis kerusakan pada body mobil, seperti penyok, keropos, lecet, dan tergores. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara memperbaiki body mobil yang rusak. Pastikan untuk memilih cara yang tepat dan hati-hati saat melakukan proses perbaikan.

Baca juga: Maus: Monster Logam Perang Dunia II

Otomotif Lainnya