Ford vs Ferrari: Sebuah Epik Perseteruan di Balik Layar Layar Lebar

20/11/2023, 11:15 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Ford vs Ferrari: Sebuah Epik Perseteruan di Balik Layar Layar Lebar
Ilustrasi Ford vs Ferrari
Table of contents
Editor: Muhammad Yusuuf

Film "Ford vs Ferrari" menjadi magnit perhatian pecinta otomotif dan penonton film pada umumnya. Di balik kilau gemerlap box office, tersembunyi kisah sejarah menarik tentang perseteruan sengit antara dua raksasa otomotif, Ford dan Ferrari.

Asal Mula Perseteruan

Sejarah perseteruan antara Ford dan Ferrari berakar pada tahun 1963 ketika Enzo Ferrari, pendiri Ferrari, menolak tawaran pembelian oleh Ford. Ferrari yang arogan memicu amarah Henry Ford II, pemimpin Ford Motor Company. Kekecewaan Ford tak hanya pada tingkat bisnis, tetapi juga menjadi sebuah tantangan pribadi yang tak bisa diabaikan.

Baca juga: Tank T-34: Pilar Uni Soviet dalam Perang Dunia II

Dorongan Ford ke Dunia Balap

Dalam upayanya untuk menantang dominasi Ferrari di dunia balap, Ford mengalokasikan dana besar untuk menciptakan mobil balap yang dapat mengungguli Ferrari. Langkah ini menggambarkan ambisi Ford untuk membuktikan keunggulan teknologinya, menandai titik awal dari perseteruan epik ini.

Kiprah Tim Ford di Ajang Le Mans

Keputusan Ford untuk menaklukkan ajang balap Le Mans, yang selama itu menjadi milik Ferrari, menghasilkan mobil legendaris Ford GT40. Dalam perlombaan Le Mans 1966, GT40 berhasil mengungguli mobil-mobil Ferrari dalam satu kesuksesan epik. Kemenangan ini bukan hanya keberhasilan teknis, tetapi juga sebuah simbol prestise bagi Ford.

Pascakemenangan dan Warisan

Setelah kemenangan telak di Le Mans, Ford terus bersaing dengan Ferrari di berbagai ajang balap. Perseteruan ini tak hanya menjadi puncak dalam sejarah otomotif, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan teknologi mobil. Kedua pihak terus saling melibas dalam inovasi, menciptakan mobil-mobil legendaris yang hingga kini menjadi ikon otomotif.

Baca juga: Maus: Monster Logam Perang Dunia II

Penutup

Kisah perseteruan antara Ford dan Ferrari, sebagaimana diangkat dalam film "Ford vs Ferrari," membuka mata dunia terhadap rivalitas sengit dalam dunia otomotif. Melalui upaya gigih dan tekad tak tergoyahkan, Ford berhasil membalas tantangan Ferrari dengan menciptakan mobil-mobil yang tak terlupakan. Perseteruan ini, selain menghiasi layar lebar, juga meresapi dalam sejarah otomotif sebagai salah satu cerita paling menarik dan epik sepanjang masa.

Referensi

Shelby, Carroll. The Carroll Shelby Story. Random House, 2011.

Baime, A.J. Go Like Hell: Ford, Ferrari, and Their Battle for Speed and Glory at Le Mans. Houghton Mifflin Harcourt, 2009.

Baca juga: Bahaya Tidak Mengganti Oli pada Kendaraan: Dampak pada Mesin dan Kesehatan Kendaraan Anda

Otomotif Lainnya