10 Tips Mengatasi Perasaan "Homesick" Bagi Anak Kost

20/11/2023, 19:52 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
10 Tips Mengatasi Perasaan "Homesick" Bagi Anak Kost
Homesick
Table of contents
Penulis: Nadya Paramitha
Editor: Nadya Paramitha

Masa-masa menjadi anak kost, meskipun penuh dengan tantangan dan kebebasan, seringkali disertai dengan perasaan homesick atau rindu pada rumah. Tidak dapat dipungkiri, terkadang melihat sekeliling kamar kost yang sepi membuat hati terenyuh, dan rindu pada kehangatan keluarga di rumah datang begitu saja. Namun, tidak perlu khawatir, ada banyak cara menyenangkan untuk mengatasi homesick dan menjadikan perjalanan hidup sebagai anak kost menjadi lebih bahagia.

1. Menciptakan "Rumah Kecil" di Kamar

Kamar kost adalah tempat di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Oleh karena itu, menciptakan "rumah kecil" di kamar dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Anda bisa menghias kamar dengan warna-warna yang menenangkan atau menambahkan dekorasi yang membawa kenangan indah. Barang-barang kesayangan atau foto keluarga juga bisa menjadi pengingat kehangatan rumah.

Baca juga: Merumuskan dan Menjalankan Resolusi Tahun Baru

2. Gabung Komunitas di Kampus

Merasa terhubung dengan sesama mahasiswa dapat membantu mengatasi perasaan kesepian. Banyak kampus memiliki komunitas atau organisasi yang dapat Anda ikuti. Gabunglah dalam grup tersebut, hadiri pertemuan atau acara yang diadakan, dan temukan teman-teman sebaya yang dapat memahami perasaan Anda. Komunitas ini juga bisa menjadi tempat untuk berbagi tips dan trik mengatasi homesick.

3. Rutin Video Call dengan Keluarga

Teknologi membawa keluarga yang jauh menjadi dekat. Manfaatkan video call untuk berkomunikasi dengan keluarga secara rutin. Buat jadwal tetap, seperti melakukan panggilan setiap minggu atau dua minggu sekali. Melihat wajah-wajah yang kita cintai dapat membawa kebahagiaan dan memperkuat ikatan emosional.

4. Eksplorasi Tempat Baru

Alihkan perhatian dari rindu dengan menjelajahi tempat-tempat baru di sekitar tempat tinggal Anda. Cari tahu tempat-tempat menarik, restoran, atau kafe yang bisa menjadi tempat berkreasi atau sekadar bersantai. Aktivitas ini tidak hanya mengurangi rasa rindu, tetapi juga memperkaya pengalaman Anda selama menjadi anak kost.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Kecantikan: Panduan Lengkap Tipe Kulit dan Ciri-cirinya

5. Masak Makanan Kesukaan

Makanan memiliki kekuatan untuk membawa kita kembali ke kenangan indah. Jika memungkinkan, masaklah makanan kesukaan yang biasa disajikan di rumah. Aroma familiar dan cita rasa yang mengingatkan pada masakan keluarga dapat membawa kebahagiaan dan mengurangi perasaan homesick.

6. Tetap Aktif dan Produktif

Waktu luang dapat menjadi musuh terbesar ketika perasaan homesick datang. Oleh karena itu, isi waktu luang dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Terlibat dalam kegiatan sosial atau klub di kampus dapat membuat Anda merasa lebih terlibat dan meredakan perasaan homesick. Olahraga juga bisa menjadi cara yang efektif untuk melepaskan stres dan meningkatkan suasana hati.

7. Rencanakan Liburan atau Pulang ke Rumah

Menciptakan sesuatu untuk dinantikan dapat membantu mengatasi perasaan homesick. Rencanakan liburan atau pulang ke rumah pada waktu tertentu. Ini akan memberi Anda sesuatu yang spesial untuk ditunggu-tunggu dan memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Baca juga: Perlengkapan Apa yang Penting Dimiliki untuk Anak Kost?

8. Jaga Kesehatan Mental

Perasaan homesick terkadang dapat berdampak pada kesehatan mental. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda merasa kesulitan mengatasi rasa rindu. Kampus-kampus umumnya menyediakan layanan kesehatan mental bagi mahasiswa.

9. Lakukan Kegiatan yang Anda Sukai

Habiskan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai. Ini bisa berupa membaca buku, menulis, mendengarkan musik, atau bermain game. Aktivitas-aktivitas ini dapat menjadi pelarian yang efektif dan membantu meredakan perasaan homesick.

10. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Terakhir, ingatlah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Homesick adalah bagian alami dari perjalanan menjadi mandiri. Beri diri Anda izin untuk merasa rindu dan teruslah mencari cara-cara positif untuk mengatasi perasaan tersebut.

Penutup: Homesick mungkin datang silih berganti, tetapi dengan serangkaian aktivitas yang menyenangkan dan positif, Anda dapat menghadapinya dengan lebih baik. Ingatlah bahwa menjadi anak kost adalah bagian dari proses tumbuh dan belajar. Dengan waktu, Anda akan semakin terbiasa dengan lingkungan baru dan menemukan kebahagiaan di setiap langkah perjalanan Anda.

Lifestyle Lainnya