Mengenal Jenis Sistem Penggerak Roda Belakang pada Kendaraan Motor

23/11/2023, 07:28 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Mengenal Jenis Sistem Penggerak Roda Belakang pada Kendaraan Motor
Ilustrasi Penggerak Roda Belakang dengan Rantai
Table of contents
Editor: Muhammad Yusuuf

Sistem penggerak roda belakang pada kendaraan motor memiliki peran penting dalam menentukan performa dan karakteristik berkendara. Pemahaman akan jenis-jenis sistem penggerak roda belakang ini dapat membantu kita memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Roda Belakang: Pusat Kendali Kestabilan

Sebelum kita menyelami jenis-jenis sistem penggerak roda belakang, mari kita memahami peran roda belakang dalam mengendalikan stabilitas motor. Roda belakang, sebagai elemen penggerak utama, memiliki dampak langsung terhadap keseimbangan dan manuverabilitas motor. Oleh karena itu, pemilihan sistem penggerak yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja optimal.

Baca juga: Tank T-34: Pilar Uni Soviet dalam Perang Dunia II

Penggerak Rantai

Salah satu jenis sistem penggerak roda belakang yang umum digunakan pada motor adalah penggerak rantai. Sistem ini menggunakan rantai untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Penggerak rantai umumnya ditemui pada motor sport dan motor dengan performa tinggi. Kelebihan penggerak rantai adalah efisiensi yang tinggi dan kemampuan mentransfer tenaga yang besar.

Penggerak Sabuk

Selain penggerak rantai, terdapat juga penggerak roda belakang menggunakan sabuk. Sistem ini menggunakan sabuk karet yang menghubungkan puli mesin dengan puli roda belakang. Penggerak sabuk umumnya ditemui pada motor cruiser dan touring. Kelebihan penggerak sabuk adalah operasi yang lebih halus dan perawatan yang lebih mudah.

Penggerak Poros

Penggerak roda belakang menggunakan poros atau shaft drive adalah jenis lain yang umum ditemui pada motor. Sistem ini menggunakan poros untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Penggerak poros umumnya ditemui pada motor touring dan adventure. Kelebihan penggerak poros adalah perawatan yang minim dan umumnya lebih tahan lama.

Baca juga: Maus: Monster Logam Perang Dunia II

Penutup

Dengan demikian, pemahaman akan jenis sistem penggerak roda belakang pada kendaraan motor dapat membantu kita memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Otomotif Lainnya