10 Olahraga Paling Populer di Dunia

24/11/2023, 16:12 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
10 Olahraga Paling Populer di Dunia
Ilustrasi Olahraga Populer (Midjourney)
Table of contents
Penulis: Nurlaila Utari
Editor: Nurlaila Utari

OHBEGITU.com - Olahraga merupakan kegiatan yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Saat ini, olahraga menjadi salah satu kompetisi yang sangat populer di dunia. Tak hanya sebagai kompetisi, olahraga juga lekat dengan budaya, identitas, dan semangat persatuan. Berbagai cabang olahraga menjadi populer karena berbagai alasan. Menjaga kebugaran, misalnya, menjadi alasan banyak orang menyukai olahraga. Melansir dari World Atlas, sepak bola menjadi cabang olahraga paling populer di dunia dengan jumlah penggemar mencapai 4 miliar orang. Berikut ini adalah daftar olahraga paling populer di dunia.

1. Sepak Bola

Sepak bola tentu menempati peringkat pertama di daftar ini. Olahraga ini sangat populer dengan ratusan juta penggemar di seluruh dunia. FIFA World Cup menjadi turnamen paling bergengsi olahraga ini. Popularitas olahraga yang memadukan keterampilan, kekuatan, dan kecepatan kaki ini meluas dari Eropa, Amerika Selatan, Afrika, sampai Asia.

2. Kriket

Kriket berada di posisi kedua dengan jumlah penggemar sebanyak 2,5 miliar orang. Olahraga ini populer di negara-negara persemakmuran Inggris, seperti Inggris, India, Pakistan, dan Australia. Permainan ini melibatkan dua tim, pemukul, lapangan besar, dan lari skor.

Baca juga: Makna Warna Jersei-Jersei dalam Balap Sepeda Tour de France

3. Hoki

Hoki memiliki penggemar sebanyak 2 miliar orang. Olahraga ini umumnya terdiri dari dua jenis, yakni hoki lapangan dan hoki es. Hoki lapangan populer di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia, sementara hoki es digemari di Kanada, Amerika Serikat, dan Eropa Utara.

4. Tenis

Tenis memiliki jumlah penggemar 1 miliar orang. Dikenal karena penampilan aksi serba cepat dan kompetisi dengan taruhan tinggi, tenis adalah favorit di antara orang-orang dari segala usia dan latar belakang.

5. Bola Basket

Penggemar dari salah satu olahraga menembak bola dalam ring ini mencapai 825 juta orang. NBA memiliki pengikut di seluruh dunia dan memainkan peran besar dalam memastikan bahwa kompetisi regional ada dimana-mana.

Baca juga: Menengok Strategi dan Kerja Sama Tim Balap Sepeda Tour de France

6. Tenis Meja

Diperkirakan 875 juta orang menggemari olahraga tenis meja. Bagian yang membuat tenis meja begitu menarik adalah aturannya yang sederhana dan teknik yang mudah dipelajari. Siapa pun dapat mengambil dayung dan mulai bermain, tanpa memandang usia atau kemampuan fisik.

7. Bola Voli

Bola voli sangat populer di mana-mana dan perkiraan jumlah peminat yang luar biasa adalah 900 juta.

8. Bisbol

Bisbol merupakan olahraga yang melibatkan dua tim yang mencoba memukul bola. Olahraga ini memiliki penggemar sebanyak 500 juta orang.

Baca juga: Mengenal Format Balapan Tour de France

9. Rugby

Rugby memiliki penggemar sebanyak 475 juta orang. Olahraga ini populer di negara-negara seperti Inggris, Prancis, dan Australia.

10. Golf

Golf memiliki penggemar sebanyak 450 juta orang. Olahraga ini populer di seluruh dunia dan sering dimainkan oleh orang-orang dari segala usia. Dari daftar di atas, dapat dilihat bahwa sepak bola masih menjadi olahraga paling populer di dunia. Namun, olahraga lain seperti kriket, hoki, tenis, bola basket, tenis meja, bola voli, bisbol, rugby, dan golf juga memiliki penggemar yang sangat banyak di seluruh dunia. Olahraga tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga dapat mempererat persatuan dan kebersamaan antarbangsa.

Penutup

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain memberikan manfaat kesehatan, olahraga juga dapat mempererat persatuan dan kebersamaan antarbangsa. Dari daftar di atas, sepak bola masih menjadi olahraga paling populer di dunia dengan jumlah penggemar mencapai 4 miliar orang. Namun, olahraga lain seperti kriket, hoki, tenis, bola basket, tenis meja, bola voli, bisbol, rugby, dan golf juga memiliki penggemar yang sangat banyak di seluruh dunia. Mari kita dukung dan terus mengembangkan olahraga agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kehidupan manusia.

Sport Lainnya