Memahami Dampak Body Shaming Terhadap Kesehatan Mental

28/11/2023, 21:42 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Memahami Dampak Body Shaming Terhadap Kesehatan Mental
Body shaming
Table of contents
Editor: Nadya Paramitha

Body shaming, atau perundungan terhadap penampilan fisik seseorang, adalah masalah serius yang mempengaruhi kesehatan mental banyak individu. Dalam era di mana norma kecantikan seringkali ditentukan oleh standar yang tidak realistis, Generasi Z harus berbicara dan bertindak untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan penuh empati. Mari kita eksplorasi dampak body shaming pada kesehatan mental serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk membawa perubahan.

Dampak Body Shaming: Lebih dari Sekadar Komentar Negatif

Body shaming bukan sekadar komentar negatif tentang penampilan fisik; itu adalah bentuk pelecehan yang bisa merusak jiwa seseorang. Dampaknya meluas ke berbagai aspek kehidupan, mengakibatkan kerusakan emosional dan mengganggu kesehatan mental secara keseluruhan.

Baca juga: Merumuskan dan Menjalankan Resolusi Tahun Baru

1. Gangguan Makan: Saat Tubuh Tidak Lagi Merupakan Rumah yang Aman

Salah satu dampak paling serius adalah munculnya gangguan makan. Komentar-komentar yang merendahkan dapat memicu hubungan yang tidak sehat dengan makanan, memicu anoreksia atau bulimia sebagai upaya untuk memenuhi standar kecantikan yang tidak realistis.

2. Penurunan Citra Diri: Menggali Lubang Kecemasan dan Depresi

Body shaming merusak citra diri seseorang. Menerima komentar negatif membuat seseorang merasa tidak percaya diri, malu, dan seringkali membenci diri sendiri. Penurunan citra diri ini bisa menjadi pintu masuk untuk masalah kesehatan mental yang lebih serius, seperti kecemasan dan depresi.

3. Hubungan Sosial yang Retak: Isolasi dan Kesendirian

Penerima komentar negatif tentang penampilan fisik dapat membuat seseorang enggan untuk berinteraksi sosial. Rasa malu dan ketidaknyamanan dengan tubuhnya bisa mengisolasi individu tersebut, menyebabkan kesendirian yang memperburuk kesehatan mental.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Kecantikan: Panduan Lengkap Tipe Kulit dan Ciri-cirinya

4. Dampak Jangka Panjang: Trauma yang Menghantui

Dampak body shaming bisa berlanjut hingga jangka panjang, meninggalkan trauma yang sulit diatasi. Individu yang mengalami body shaming mungkin menghadapi tantangan untuk menerima diri sendiri bahkan setelah situasi tersebut berlalu.

Body shaming adalah masalah yang kompleks, tetapi dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan perubahan. Mari bersama-sama membentuk masyarakat yang menerima dan menghargai keberagaman tubuh. Setiap individu layak dihormati dan diterima apa adanya, tanpa perlu merasa terbebani oleh standar kecantikan yang tidak realistis. Mari kita menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik!

Baca juga: Perlengkapan Apa yang Penting Dimiliki untuk Anak Kost?

Lifestyle Lainnya