3 Macam Sunscreen: Physical, Chemical, atau Hybrid, Mana yang Cocok untuk Anda?

07/12/2023, 14:54 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
3 Macam Sunscreen: Physical, Chemical, atau Hybrid, Mana yang Cocok untuk Anda?
Table of contents
Penulis: Nadya Paramitha
Editor: Nadya Paramitha

Sunscreen memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Ada tiga jenis utama: physical sunscreen, chemical sunscreen, dan hybrid sunscreen. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan serta manfaat masing-masing tipe sunscreen agar Anda bisa memilih perlindungan matahari yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

1. Physical Sunscreen: Pelindung dengan Bahan Mineral

Physical sunscreen, juga dikenal sebagai mineral sunscreen, menggunakan bahan aktif seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Berbeda dengan chemical sunscreen, physical sunscreen bekerja sebagai penghalang fisik di atas kulit, memantulkan dan menyebarkan sinar UV.

Baca juga: Merumuskan dan Menjalankan Resolusi Tahun Baru

Perbedaan:

  • Bahan Aktif: Mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide.

  • Cara Kerja: Menciptakan lapisan fisik di kulit untuk memantulkan sinar UV.

Manfaat:

2. Chemical Sunscreen: Penyerap Sinar UV untuk Perlindungan Dinamis

Chemical sunscreen, juga dikenal sebagai organic sunscreen, menggunakan senyawa kimia seperti avobenzone, octocrylene, atau oxybenzone. Berbeda dengan physical sunscreen, chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas yang dilepaskan dari kulit.

Baca juga: Perlengkapan Apa yang Penting Dimiliki untuk Anak Kost?

Perbedaan:

  • Bahan Aktif: Mengandung senyawa kimia seperti avobenzone atau octocrylene.

  • Cara Kerja: Menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas sebelum dilepaskan oleh kulit.

Manfaat:

  • Tekstur Ringan: Lebih ringan dan mudah diserap oleh kulit.

  • Cocok untuk Penggunaan Sehari-hari dan Makeup: Nyaman digunakan setiap hari dan sebagai dasar makeup.

  • Perlindungan Tahan Lama: Cenderung lebih tahan lama karena tidak langsung dipengaruhi oleh keringat atau air.

3. Hybrid Sunscreen: Kombinasi Terbaik dari Kedua Dunia

Hybrid sunscreen, atau kombinasi sunscreen, menggabungkan elemen dari physical dan chemical sunscreen. Formulasi inovatif ini bertujuan memberikan perlindungan menyeluruh dengan menggabungkan kemampuan memantul mineral dan daya serap senyawa kimia.

Perbedaan:

  • Bahan Aktif: Menggabungkan senyawa mineral dan kimia.

  • Cara Kerja: Menciptakan lapisan fisik dan menyerap sinar UV, menggabungkan kedua pendekatan tersebut.

Manfaat:

  • Perlindungan Komprehensif: Bertujuan memberikan perlindungan menyeluruh dengan memadukan keunggulan dari keduanya.

  • Tekstur yang Nyaman: Umumnya memiliki tekstur yang nyaman dan mudah disapu pada kulit.

  • Perlindungan Tahan Lama: Kombinasi bahan aktif dapat meningkatkan daya tahan dan efektivitas sunscreen.

Bagaimana Memilih yang Tepat untuk Kulit Anda?

Untuk Kulit Sensitif: Jika Anda memiliki kulit sensitif, physical sunscreen seringkali merupakan pilihan yang lebih baik karena cenderung kurang menyebabkan reaksi iritasi atau alergi.

Untuk Penggunaan Sehari-hari: Jika Anda mencari produk yang ringan dan cocok untuk penggunaan sehari-hari atau sebagai dasar makeup, chemical sunscreen atau hybrid sunscreen dapat menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Perlindungan Segera atau Aktivitas Outdoor: Physical sunscreen memberikan perlindungan segera dan seringkali dianggap lebih tahan terhadap keringat atau air, menjadikannya pilihan ideal untuk aktivitas outdoor.

Perlindungan Menyeluruh: Jika Anda mencari perlindungan menyeluruh yang memanfaatkan keunggulan dari keduanya, hybrid sunscreen dapat menjadi solusi yang baik.

Pemilihan sunscreen yang tepat tergantung pada kebutuhan kulit dan preferensi pribadi Anda. Physical sunscreen menawarkan perlindungan instan dan lebih cocok untuk kulit sensitif, sementara chemical sunscreen menyediakan tekstur yang ringan dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Hybrid sunscreen hadir sebagai solusi menyeluruh dengan menggabungkan keunggulan dari keduanya. Penting untuk mengidentifikasi kebutuhan kulit Anda dan memilih sunscreen yang sesuai dengan aktivitas harian dan kondisi kulit Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk sinar UV.

Lifestyle Lainnya