Tanda Kamu Sedang Mengalami FOMO!

28/08/2023, 19:37 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Tanda Kamu Sedang Mengalami FOMO!
Fear Of Missing Out (FREEPIK)
Table of contents
Penulis: Nadya Paramitha
Editor: Nadya Paramitha

Pernahkah kamu merasa cemas atau takut melewatkan sesuatu yang seru? Mungkin kamu sedang mengalami apa yang dikenal sebagai FOMO, atau "Fear of Missing Out." FOMO adalah sebuah perasaan cemas dan takut akan tertinggal dari pengalaman atau informasi yang baru dan menarik. Bagi Generasi Z, seperti kita, ini bisa menjadi pengalaman umum di dunia yang terus berkembang dengan cepat ini. Mari kita lihat tanda-tanda FOMO dan bagaimana mengatasinya!

Apa Itu FOMO?

FOMO adalah singkatan dari "Fear of Missing Out," yang berarti takut untuk ketinggalan dari apa yang orang lain alami atau bahkan dari apa yang sedang tren. Ini bisa terjadi ketika kamu melihat teman-temanmu menghadiri acara yang menyenangkan atau berbicara tentang suatu hal yang sedang populer. Perasaan ini bisa sangat kuat dan mendorong kita untuk terus memeriksa media sosial atau berita demi memastikan kita tidak melewatkan sesuatu yang menarik.

Baca juga: Merumuskan dan Menjalankan Resolusi Tahun Baru

Tanda-Tanda Kamu Mengalami FOMO

Bagaimana kita tahu apakah kita sedang mengalami FOMO? Berikut adalah beberapa tanda-tandanya:

  • Selalu Memeriksa Media Sosial

Kamu merasa harus selalu memeriksa media sosial agar tidak ketinggalan kabar terbaru. Misalnya, jika ada konser idola di kotamu, kamu merasa perlu mendapatkan tiket hanya karena takut ketinggalan momen seru.

  • Tidak Dapat Menolak Undangan:

Kamu menerima undangan ke berbagai acara meskipun sebenarnya tidak terlalu tertarik. Ini karena takut akan merasa left out jika semua temanmu berbicara tentang acara tersebut.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Kecantikan: Panduan Lengkap Tipe Kulit dan Ciri-cirinya

  • Membeli Barang yang Tren

Kamu sering membeli barang atau produk yang sedang tren, meskipun sebenarnya tidak begitu membutuhkannya. Contohnya, membeli pakaian atau gadget baru hanya karena teman-temanmu juga punya.

  • Kesulitan Berkonsentrasi

Saat kamu sedang bekerja atau belajar, pikiranmu terus menerus tertuju pada apa yang sedang terjadi di luar. Hal ini bisa mengganggu produktivitasmu.

  • Merasa Tidak Cukup

Terkadang, meskipun kamu sudah melakukan banyak hal, kamu merasa seperti kamu belum cukup berkontribusi atau mengalami cukup banyak hal.

Baca juga: Perlengkapan Apa yang Penting Dimiliki untuk Anak Kost?

  • Rasa Gelisah dan Cemas

Kamu merasa cemas atau gelisah jika tidak dapat mengikuti perkembangan terbaru. Misalnya, jika kamu tidak bisa menonton siaran langsung suatu acara, kamu merasa khawatir ketinggalan momen penting.

Mengatasi FOMO dengan Bijak

Tidak perlu khawatir, ada cara untuk mengatasi FOMO dan menjalani hidup dengan lebih tenang:

  • Tentukan Prioritas

Fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan relevan dalam hidupmu. Jangan terjebak dalam tekanan untuk selalu mengikuti tren.

  • Batasi Waktu di Media Sosial

Tentukan waktu khusus untuk menggunakan media sosial dan patuhi batas waktu tersebut. Ini akan membantu mengurangi kecemasan yang ditimbulkan oleh terus-menerus memeriksa berita.

  • Jadwalkan Diri Sendiri

Buatlah jadwal kegiatan dan waktu istirahat yang seimbang. Dengan cara ini, kamu akan merasa lebih terorganisir dan memiliki waktu untuk mengejar minatmu sendiri.

  • Jadikan Momen Berharga

Daripada selalu terpaku pada ponsel, nikmati momen bersama teman-teman atau keluarga tanpa gangguan teknologi.

  • Pahami Tren yang Benar-Benar Penting

Tidak semua tren layak diikuti. Pilihlah tren yang benar-benar sesuai dengan minat dan nilai-nilaimu.

  • Latih Kebahagiaan Internal

Belajarlah untuk bahagia dengan dirimu sendiri dan tidak selalu mengandalkan eksternal. Ini akan memberikan kestabilan emosi yang lebih besar.

Contoh Mengatasi FOMO

  1. Prioritaskan Hobi yang Disukai: Misalnya, jika kamu suka membaca, luangkan waktu untuk mengejar hobi ini daripada terjebak dalam tren belanja online.

  2. Tetapkan Batas Waktu: Misalnya, kamu bisa mengatur alarm sebagai pengingat untuk berhenti menggunakan media sosial setelah 30 menit.

  3. Lakukan Detoks Media Sosial: Cobalah untuk tidak menggunakan media sosial selama satu hari penuh dan lihat apa yang terjadi pada perasaanmu.

  4. Ciptakan Momen Bersama Teman: Alih-alih hanya mengikuti acara yang sedang tren, ajak teman-temanmu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama.

  5. Fokus pada Kemajuan Pribadi: Catat semua pencapaianmu, baik yang besar maupun kecil, dan ingatkan dirimu sendiri bahwa kamu telah banyak mencapai hal-hal hebat.

Dengan memahami tanda-tanda dan cara mengatasi FOMO, kita dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi kita. Jangan biarkan rasa khawatir ketinggalan menguasai hidup

Lifestyle Lainnya