Simbol Daur Ulang pada Plastik Kemasan: Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanda-tanda Penting di Balik Plastik

04/12/2023, 13:23 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Simbol Daur Ulang pada Plastik Kemasan: Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanda-tanda Penting di Balik Plastik
Ilustrasi Simbol Daur Ulang pada Plastik Kemasan (Midjourney)
Table of contents
Penulis: Nurlaila Utari
Editor: Nurlaila Utari

OHBEGITU.com - Plastik adalah bahan yang umum digunakan dalam kemasan produk. Namun, tidak semua plastik dapat didaur ulang. Untuk mengidentifikasi kemungkinan daur ulang suatu plastik, digunakanlah simbol daur ulang yang biasanya terdapat di bagian bawah kemasan plastik. Simbol-simbol ini sangat penting untuk mengenali keamanan dan apakah jenis plastik tersebut dapat didaur ulang atau tidak.

Jenis Simbol Daur Ulang

Simbol daur ulang terdiri dari sebuah segitiga dengan angka di dalamnya dan terletak di bagian bawah kemasan plastik. Dilansir dari Zero Waste Indonesia, (4/12/2023), terdapat beberapa simbol daur ulang yang perlu kita ketahui antara lain:

Baca juga: Aleksander Agung: Kehidupan Awal dan Latar Belakangnya

  1. PET (1): Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari Polyethylene Terephthalate (PET). Jenis plastik ini bisa didaur ulang, namun hanya bisa digunakan sekali pakai. PET merupakan plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai, dan tidak disarankan untuk digunakan berulang kali, terutama mengisinya dengan air hangat karena lapisan polimer dan zat karsinogenik pada plastik dapat larut dan menyebabkan kanker pada organ tubuh manusia
  2. HDPE (2): Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari High Density Polyethylene (HDPE). Jenis plastik ini biasanya digunakan untuk galon air minum, botol susu, botol sabun, botol deterjen, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya. Jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali, karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana. Tetapi walaupun bisa digunakan berulang kali, kalian juga harus memperhatikan kebersihan yang tetap terjaga. 
  3. PVC (3): Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC). Plastik jenis ini digunakan untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan dan mengandung berbagai macam bahan kimia beracun yang dapat larut dan berbahaya bagi kesehatan, sehingga perlu dihindari untuk kemasan makanan dan minuman. Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga perlu dihindari menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan atau minuman.
  4. LDPE (4): Jenis plastik ini terbuat dari bahan low density polyethylene yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama, dan dapat digunakan untuk berulang kali. Biasanya terdapat pada kantong plastik, kantong plastik sampah, tas belanja, hingga bungkus makanan.Tetapi alangkah lebih baik jika kalian menggunakannya sekali dan mendaur ulangnya agar tidak tertimbun di tanah yang butuh ratusan tahun untuk mengurainya.
  5. PP (5): Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. Misalnya tempat makanan/minuman, botol sirup,  kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali berbahan plastik. Barang plastik dengan simbol ini baik digunakan sebagai tempat makanan maupun minuman karena terbuat dari polypropylene yang sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas. Walaupun demikian, jenis plastik ini cukup sulit untuk didaur ulang, sehingga alangkah lebih baik untuk mengurangi penggunaannya.
  6. PS (6): Plastik jenis ini terbuat dari polystyrene yang banyak digunakan sebagai tempat makan styrofoam, tempat telur, sendok/garpu plastik, foam packaging hingga bahan bangunan. Plastik ini dapat mengeluarkan styrene yang merupakan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker, terutama jika saat menggunakan untuk makanan/minuman yang panas.
  7. Other (7): Simbol ini digunakan untuk jenis plastik selain dari yang telah disebutkan di atas. Penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. Ironisnya, simbol ini biasa digunakan pada plastik untuk botol minum bayi, botol minum olahraga, iPod cases, dan Compact Disk (CD). Jadi baca terlebih dahulu sebelum membeli.

Penutup

Simbol daur ulang pada plastik kemasan memberikan informasi penting mengenai jenis plastik dan kemungkinan daur ulangnya. Dengan memahami simbol-simbol ini, kita dapat lebih bijak dalam menggunakan dan membuang kemasan plastik, sehingga turut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Referensi

  1. Zero Waste Indonesia. "7 Simbol dan Jenis Plastik yang Perlu Kamu Ketahui" https://zerowaste.id/zero-waste-for-beginners/simbol-dan-jenis-plastik/

OhPedia Lainnya