10 Konflik Bersenjata Terlama di Dunia: Perjuangan Panjang dan Perdamaian

07/12/2023, 11:24 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
10 Konflik Bersenjata Terlama di Dunia: Perjuangan Panjang dan Perdamaian
Ilustrasi Bangunan Rubuh Akibat Konflik
Table of contents
Editor: Muhammad Yusuuf

Konflik Bersenjata di Dunia Terlama: Mengenal 10 Konflik Bersenjata Terlama dan Belum Selesai Sampai SekarangKonflik bersenjata telah menjadi bagian dari sejarah manusia sejak zaman dahulu kala. Konflik ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti perbedaan ideologi, agama, etnis, dan sumber daya alam. Konflik bersenjata yang terjadi selama berabad-abad telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda. Beberapa konflik bahkan belum selesai hingga saat ini. Dalam artikel ini, kita akan mengenal 10 konflik bersenjata terlama yang masih berlangsung hingga saat ini.

Konflik Israel-Palestina

Konflik Israel-Palestina dimulai pada tahun 1948 ketika Israel memproklamirkan kemerdekaannya dan mengakibatkan pengungsi Palestina. Konflik ini terus berlanjut hingga saat ini dan telah menelan banyak korban jiwa dari kedua belah pihak. Konflik ini terjadi karena perbedaan pandangan mengenai wilayah yang dianggap suci oleh kedua belah pihak.

Baca juga: Aleksander Agung: Kehidupan Awal dan Latar Belakangnya

Konflik Kashmir

Konflik Kashmir dimulai pada tahun 1947 ketika India dan Pakistan memperoleh kemerdekaannya dari Inggris. Konflik ini terjadi karena perbedaan pandangan mengenai wilayah Kashmir yang dianggap suci oleh kedua belah pihak. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Konflik Korea

Konflik Korea dimulai pada tahun 1950 ketika Korea Utara menyerang Korea Selatan. Konflik ini berlangsung selama tiga tahun dan berakhir dengan gencatan senjata. Namun, hingga saat ini, kedua Korea masih belum sepenuhnya damai dan masih terjadi ketegangan antara kedua negara.

Konflik Vietnam

Konflik Vietnam dimulai pada tahun 1955 ketika Vietnam Utara dan Vietnam Selatan terlibat dalam perang saudara. Konflik ini berlangsung selama lebih dari satu dekade dan berakhir dengan kemenangan Vietnam Utara. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Simbolisme

Konflik Afghanistan

Konflik Afghanistan dimulai pada tahun 1979 ketika Uni Soviet menyerbu Afghanistan. Konflik ini berlangsung selama hampir satu dekade dan berakhir dengan kekalahan Uni Soviet. Namun, konflik ini terus berlanjut hingga saat ini dan telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Konflik Sri Lanka

Konflik Sri Lanka dimulai pada tahun 1983 ketika kelompok separatis Tamil Eelam memulai pemberontakan melawan pemerintah Sri Lanka. Konflik ini berlangsung selama lebih dari dua dekade dan berakhir dengan kemenangan pemerintah Sri Lanka. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Konflik Somalia

Konflik Somalia dimulai pada tahun 1991 ketika pemerintahan Somalia runtuh dan negara ini terpecah menjadi beberapa wilayah yang dikuasai oleh kelompok-kelompok bersenjata. Konflik ini terus berlanjut hingga saat ini dan telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda.

Baca juga: Apa Itu Simbolisme: Definisi, Sejarah, dan Fungsinya

Konflik Sudan

Konflik Sudan dimulai pada tahun 1983 ketika kelompok separatis di wilayah selatan Sudan memulai pemberontakan melawan pemerintah Sudan. Konflik ini berlangsung selama lebih dari dua dekade dan berakhir dengan pemisahan wilayah selatan Sudan menjadi negara yang merdeka. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Konflik Kaukasus Selatan

Konflik Kaukasus Selatan dimulai pada tahun 1988 ketika wilayah Nagorno-Karabakh yang mayoritas penduduknya adalah orang Armenia memproklamirkan kemerdekaannya dari Azerbaijan. Konflik ini terus berlanjut hingga saat ini dan telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Konflik Timur Tengah

Konflik Timur Tengah terdiri dari beberapa konflik bersenjata yang terjadi di wilayah Timur Tengah, seperti konflik di Suriah, Yaman, dan Irak. Konflik ini terjadi karena perbedaan pandangan mengenai kekuasaan dan sumber daya alam. Konflik ini terus berlanjut hingga saat ini dan telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak.

Penutup

Dari sepuluh konflik bersenjata terlama yang belum selesai sampai saat ini, dapat dilihat bahwa konflik ini terjadi karena berbagai alasan, seperti perbedaan ideologi, agama, etnis, dan sumber daya alam. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa dan harta benda dari kedua belah pihak. Untuk mengakhiri konflik ini, diperlukan upaya dari kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan damai yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

OhPedia Lainnya