Kenapa Tidak Boleh Bawa Powerbank ke Atas Pesawat?

20/12/2023, 22:48 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Kenapa Tidak Boleh Bawa Powerbank ke Atas Pesawat?
ilustrasi powerbank
Table of contents
Editor: Luqman Alfadil

OHBEGITU.com - Powerbank merupakan salah satu benda yang sangat berguna untuk menjaga perangkat tetap terisi daya saat bepergian. Namun, saat bepergian dengan pesawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat membawa powerbank dengan aman di pesawat. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengapa tidak boleh membawa powerbank ke atas pesawat dan bagaimana cara membawa powerbank dengan aman saat bepergian dengan pesawat.

Alasan Tidak Boleh Bawa Powerbank ke Atas Pesawat

Powerbank mengandung baterai Lithium-ion yang juga digunakan oleh perangkat elektronik lainnya, seperti ponsel, laptop, dan perangkat lainnya. Baterai Lithium-ion memiliki risiko kebakaran dan ledakan yang cukup tinggi jika terjadi kerusakan pada baterai tersebut. Oleh karena itu, beberapa maskapai penerbangan melarang penumpang membawa powerbank ke dalam kabin pesawat.

Baca juga: Rekomendasi Game Memasak dari Papa's Series

Selain itu, proses charging powerbank membuat powerbank menghasilkan panas. Jadi, pastikan proses charging dilakukan sebelum lepas landas atau sebelum masuk ke dalam pesawat. Selama terbang, jangan melakukan charging dengan powerbank.

Pemanasan dan Potensi Korsleting

Baterai lithium-ion pada powerbank dapat menjadi pemicu pemanasan yang signifikan jika terkena tekanan atau suhu yang ekstrem. Di dalam kabin pesawat yang terkendali suhunya, potensi bahaya ini bisa diminimalkan, tetapi bagaimana jika terdapat kebocoran atau cacat pada powerbank? Kondisi ini bisa menjadi penyebab korsleting listrik yang berujung pada kebakaran. Oleh karena itu, melarang membawa powerbank di dalam bagasi pesawat adalah langkah preventif untuk menghindari insiden serius yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Pengaruh Tekanan Kabin terhadap Baterai

Pesawat bekerja dalam kondisi tekanan udara yang berbeda dari kondisi darat. Meskipun tampak sepele, perbedaan tekanan ini dapat mempengaruhi baterai lithium-ion. Baterai dapat mengalami perubahan suhu dan tekanan yang signifikan selama penerbangan. Dalam kondisi tersebut, baterai memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan atau bahkan meledak. Oleh karena itu, melarang penggunaan powerbank di pesawat bukanlah semata-mata ketidaknyamanan, melainkan keputusan yang diambil untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Discord: Platform Komunikasi Serba Guna yang Merajai Dunia Digital

Ketentuan Membawa Powerbank di Pesawat

Para penumpang pesawat diperbolehkan membawa powerbank ke dalam kabin pesawat. Hanya saja ada beberapa ketentuan powerbank yang diizinkan untuk dibawa. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan surat edaran SE Nomor 015 TAHUN 2018 berkaitan dengan ketentuan membawa pengisi baterai portabel (power bank) dan baterai Lithium cadangan yang dibawa di pesawat udara. Berikut adalah ketentuan yang harus diperhatikan saat membawa powerbank di pesawat:

  1. Kapasitas powerbank yang diperbolehkan dibawa saat berada di pesawat adalah powerbank yang memiliki kapasitas 100Wh atau 20.000 mAh. Jika kalian membawa powerbank dengan kapasitas di atas 100Wh atau 20.000 mAh sampai dengan 160Wh, harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan. Kapasitas lebih dari 160Wh dilarang dibawa ke pesawat udara.
  2. Powerbank yang dibawa sesuai dengan kapasitas yang diperbolehkan untuk dibawa ke dalam pesawat.
  3. Selama perjalanan di dalam pesawat, penumpang dilarang untuk menggunakan powerbank.
  4. Penumpang wajib membawa powerbank tersebut ke dalam kabin pesawat. Penumpang tidak diperbolehkan untuk memasukkan powerbank ke dalam bagasi pesawat.
  5. Baterai Lithium atau Lithium-ion cadangan harus ditempatkan dalam bagasi kabin dan dilindungi dengan baik.

Kesimpulan

Membawa powerbank saat bepergian dengan pesawat dapat sangat berguna untuk menjaga perangkat tetap terisi daya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat membawa powerbank dengan aman di pesawat. Beberapa maskapai penerbangan melarang penumpang membawa powerbank ke dalam kabin pesawat karena risiko kebakaran dan ledakan yang cukup tinggi jika terjadi kerusakan pada baterai tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk mematuhi ketentuan yang berlaku saat membawa powerbank di pesawat agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

Baca juga: Tips Membawa Banyak Pakaian Tanpa Menghabiskan Ruang dengan Teknologi Vakum Pakaian

Teknologi Lainnya