Menguak Keajaiban Bunga Kasturi: Manfaat dan Asal Usul Bunga Kasturi

21/11/2023, 20:49 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Menguak Keajaiban Bunga Kasturi: Manfaat dan Asal Usul Bunga Kasturi
Ilustrasi Bunga Kasturi (Midjourney)
Table of contents
Penulis: Nurlaila Utari
Editor: Nurlaila Utari

OHBEGITU.com - Bunga kasturi adalah tanaman asli India yang termasuk dalam keluarga Malvaceae. Bunga kasturi dikenal sebagai bibit wewangian atau bahan penghasil parfum kasturi. Namun, selain sebagai bahan wewangian, bunga kasturi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Kasturi

Berikut adalah beberapa manfaat bunga kasturi yang perlu diketahui:

Baca juga: Mengapa Kadar Oksigen Menipis Saat Berada di Puncak Gunung?

1. Mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam bunga kasturi membantu mengurangi risiko sembelit. Serat tersebut dapat melumasi usus dan memudahkan buang air besar. Selain itu, bunga kasturi juga dapat mengatasi permasalahan BAB kering atau keras sebagai penyebab sembelit. Biji bunga kasturi juga digunakan untuk tindakan diuretik pada penyakit saluran kemih. Biji tersebut juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi peradangan dan infeksi saluran kemih dan kandung kemih.

2. Mengobati diabetes

Baca juga: Mengapa Tubuh Kita Menggigil Saat Kedinginan?

Biji bunga kasturi berkhasiat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Orang India menggunakan bunga kasturi untuk mengobati diabetes.

3. Mengatasi masalah kulit

Ekstrak bunga kasturi dapat mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, kulit kering, melembutkan tekstur kulit, mencegah keriput, hingga memudarkan stretch mark.

Baca juga: Mengungkap Fakta Menarik Mengenai Mata Minus: Pandangan yang Memudar

4. Aromaterapi

Minyak kasturi memiliki wangi yang sangat memikat dan menenangkan. Aroma khas dari minyak kasturi sendiri memang sangat lembut, namun wangi tersebut bisa bertahan lama. Minyak kasturi juga biasa digunakan sebagai obat-obatan yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan minyak kasturi ini sebagai bahan utama aromaterapi.

5. Mengatasi masalah sistem pernapasan dan pencernaan

Bagian bunga kasturi dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah sistem pernapasan dan pencernaan. Sementara daun dan akar bunga kasturi, kerap dipakai sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit kepala, rematik, varises, hingga demam.

Asal Usul Bunga Kasturi

Bunga kasturi berasal dari India dan merupakan keluarga Malvaceae. Hampir semua bagian tanaman kasturi dapat dimanfaatkan. Biji dari tanaman kasturi kerap digunakan sebagai campuran bahan kosmetik. Sementara bagian bunga kasturi dipakai sebagai obat herbal dalam mengatasi beberapa jenis penyakit dalam pengobatan tradisional India Ayurveda.

Dalam penggunaannya, bunga kasturi dapat dimakan mentah atau dijadikan campuran berbagai pengobatan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli pengobatan sebelum mengonsumsinya

 

Sains Lainnya