Gravitasi: Perjalanan dari Newton ke Einstein dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

29/11/2023, 05:16 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Gravitasi: Perjalanan dari Newton ke Einstein dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi Luar Angkasa
Table of contents
Editor: Muhammad Yusuuf

Gravitasi adalah salah satu konsep dasar dalam fisika yang menjelaskan daya tarik antara dua benda. Konsep ini sangat penting dalam memahami bagaimana benda-benda di alam semesta berinteraksi satu sama lain. Gravitasi juga merupakan salah satu kekuatan fundamental yang memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas tata surya kita. 

Konsep Gravitasi

Konsep gravitasi pertama kali ditemukan oleh Isaac Newton pada abad ke-17. Newton menemukan bahwa kekuatan gravitasi antara dua benda tergantung pada massa kedua benda dan jarak di antara keduanya. Newton juga menemukan bahwa kekuatan gravitasi ini berlaku untuk semua benda di alam semesta, termasuk planet-planet di tata surya kita.

Baca juga: Mengapa Kadar Oksigen Menipis Saat Berada di Puncak Gunung?

Pada abad ke-20, Albert Einstein mengembangkan teori relativitas umum yang menggambarkan gravitasi sebagai efek dari lengkungan ruang-waktu. Menurut teori ini, massa dari sebuah benda menyebabkan lengkungan pada ruang-waktu di sekitarnya, dan benda lain yang berada di dekatnya akan merasakan efek dari lengkungan ini sebagai kekuatan gravitasi.

Teori Gravitasi Menurut Newton

Menurut Newton, sebuah benda bermassa akan melakukan gaya tarik dengan benda bermassa lain yang berada dalam jangkauan gaya gravitasi benda tersebut. Newton menjelaskan konsep ini dalam karyanya yang terkenal, "Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica" pada tahun 1687. Kontribusi Newton dalam teori gravitasi telah menjadi dasar bagi pemahaman kita tentang gaya tarik di alam semesta.

Teori Gravitasi Menurut Einstein

Albert Einstein merevolusi pemahaman kita tentang gravitasi melalui teori relativitas umum. Teori ini menjelaskan bahwa gravitasi bukanlah gaya tarik seperti yang dijelaskan oleh Newton, tetapi merupakan hasil lengkungan ruang-waktu akibat adanya massa. Teori ini telah terbukti melalui berbagai pengamatan astronomi dan menjadi dasar bagi pemahaman kita tentang alam semesta.

Baca juga: Mengapa Tubuh Kita Menggigil Saat Kedinginan?

Pentingnya Gravitasi

Gravitasi memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas tata surya kita. Tanpa gravitasi, planet-planet kita tidak akan berada pada orbit yang stabil dan mungkin akan terlempar ke luar tata surya atau jatuh ke matahari. Gravitasi juga memainkan peran penting dalam membentuk galaksi dan menjaga kestabilan bintang-bintang di dalamnya.

Penerapan Gravitasi

Gravitasi memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aplikasi yang paling terkenal adalah penggunaan gravitasi untuk menghasilkan energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga air. Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga air adalah dengan memanfaatkan energi potensial air yang diubah menjadi energi kinetik untuk menggerakkan turbin, yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Gravitasi juga digunakan dalam bidang navigasi, seperti dalam sistem GPS. Sistem GPS menggunakan satelit yang mengorbit bumi untuk menentukan posisi pengguna dengan akurasi yang sangat tinggi. Prinsip kerja sistem GPS didasarkan pada pengukuran waktu yang dibutuhkan sinyal radio untuk mencapai penerima di bumi, yang dipengaruhi oleh efek gravitasi dari benda-benda di alam semesta.

Baca juga: Mengungkap Fakta Menarik Mengenai Mata Minus: Pandangan yang Memudar

Penutup

Gravitasi adalah salah satu konsep dasar dalam fisika yang menjelaskan daya tarik antara dua benda. Konsep ini sangat penting dalam memahami bagaimana benda-benda di alam semesta berinteraksi satu sama lain. Gravitasi juga merupakan salah satu kekuatan fundamental yang memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas tata surya kita. Dalam kehidupan sehari-hari, gravitasi memiliki banyak aplikasi, seperti dalam pembangkit listrik tenaga air dan sistem GPS.

Sains Lainnya