Blue-footed Booby: Keunikan Burung Laut dengan Kakinya yang Berwarna Biru Cerah

20/12/2023, 19:58 WIB
Artikel dan Ilustrasi ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberitahu kami ke feedbackohbegitu@gmail.com
Blue-footed Booby: Keunikan Burung Laut dengan Kakinya yang Berwarna Biru Cerah
Ilustrasi Blue-footed Booby (Midjourney)
Table of contents
Penulis: Nurlaila Utari
Editor: Nurlaila Utari

OHBEGITU.com - Burung Blue-footed Booby (Sula nebouxii) adalah spesies unik yang berasal dari daerah subtropis dan tropis di sepanjang pantai timur Samudra Pasifik. Mereka dikenal karena kakinya yang berwarna biru cerah dan perilaku khas mereka dalam menarik pasangan. Meskipun keunikan mereka, populasi Blue-footed Booby mengalami penurunan yang mengkhawatirkan, terutama di Kepulauan Galapagos.

Apa itu Blue-footed Booby?

Blue-footed Booby adalah burung laut asli daerah subtropis dan tropis dari Samudra Pasifik. Mereka adalah salah satu dari enam spesies dari genus Sula – dikenal sebagai boobies. Mereka adalah pemakan ikan dan cumi-cumi, dan sering kali menyelam dari ketinggian untuk menangkap mangsanya. Mereka juga terkenal dengan tarian khas mereka yang melibatkan peragaan kaki biru untuk menarik pasangan.

Baca juga: Mengapa Kadar Oksigen Menipis Saat Berada di Puncak Gunung?

Karakteristik Blue-footed Booby

Blue-footed Booby jantan memiliki tubuh berukuran besar, dengan panjang rata-rata 81 cm (32 in) dan berat 15 kg (33 pon). Sedangkan, betina sedikit lebih besar dari jantan, panjangnya mencapai 90 cm (35 in), dengan lebar sayap hingga 15 m (50 ft). Mereka memiliki sayap yang panjang, tajam, dan berwarna cokelat. Burung ini memiliki leher dan kepala berwarna cokelat muda dengan garis putih, sementara perut dan bagian bawah tubuhnya memiliki bulu berwarna putih murni. Mata mereka berwarna kuning mencolok, dan burung jantan memiliki lebih banyak kuning di irisnya daripada burung betina. Anak burung Blue footed Booby memiliki paruh dan kaki hitam dan dilapisi bulu putih lembut.

Habitat Blue-footed Booby

Blue-footed Booby tersebar di antara timur Samudra Pasifik dari California ke Kepulauan Galapagos sampai ke Peru. Mereka adalah burung laut sejati. Mereka hanya datang ke darat untuk berkembang biak dan merawat anaknya, yang mana mereka lakukan di sepanjang pantai berbatu Pasifik timur.

Makanan Blue-footed Booby

Makanan utama mereka terdiri dari ikan, yang diperoleh dengan menyelam dan kadang-kadang berenang di bawah air untuk mencari mangsanya. Mereka kadang-kadang berburu sendirian, tapi biasanya berburu dalam kelompok.

Baca juga: Mengapa Tubuh Kita Menggigil Saat Kedinginan?

Ancaman Kepunahan Blue-footed Booby

Populasi Blue-footed Booby saat ini mengalami penurunan yang mengkhawatirkan, terutama di Kepulauan Galapagos. Ancaman terhadap mereka termasuk gangguan manusia, perubahan iklim, dan persaingan dengan spesies lain.

Penutup

Meskipun Blue-footed Booby adalah spesies yang menarik dan unik, populasi mereka saat ini mengalami penurunan yang mengkhawatirkan, terutama di Kepulauan Galapagos. Upaya perlindungan dan konservasi perlu dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup spesies ini di alam liar.

Baca juga: Mengungkap Fakta Menarik Mengenai Mata Minus: Pandangan yang Memudar

Sains Lainnya